Semur Jengkol

Masakan yang satu ini mungkin hanya disukai oleh sebagian orang saja,apalagi bagi kaum hawa yang umumnya .Sudah pasti menghindari menu yang satu ini karena baunya yang khas.


Tahukah anda bahwa bahwa ada cara untuk menghilangkan bau menyengat pada saat anda memasak jengkol


Image result for Semur Jengkol


TIPS DAN TRIK MEMASAK JENGKOL YANG EMPUK DAN TIDAK BAU

Hem, dari pada penasaran, Dapuronlineku akan menyajikan tips dan trik mengolah jengkol enak dan tanpa bau berikut ini :

•    Pemilihan jengkol yang tepat

Agar rasa olahan jengkol sempurna, usahakan memilih jengkol yang benar-benar tua.

•  Merendam jengkol

Proses perendaman akan membantu mengurangi bau tidak sedap pada jengkol dan menetralisir racun. Anda bisa merendam jengkol dnegan air es selama semalam atau bisa juga merendam jengkol dengan air kapur sirih. Cara ini tidak mengurangi kenikmatan jengkol, jadi tidak perlu khawatir ya! (Resep Rendang Jengkol yang Nikmat)

•    Merebus jengkol dengan bahan-bahan tertentu

Untuk menetralisir bau jengkol sebelum dimasak, Adan bisa merebus jengkol bersama daun jeruk purut. Caranya, iris-iris daun jeruk purut, lalu masukkan pada rebusan jengkol. Cara lain yang bisa dilakukan adalah merebus jengkol bersama daun jambu biji hingga empuk, lalu buang air rebusannya. Cara ini tidak hanya membantu menetralisir bau, tapi juga mengurangi kandungan racun dalam jengkol

•    Proses perebusan yang tepat

Saat merebus jengkol, usahakan tidak terlalu matang, karena akan membuat jengkol hancur saat dipipihkan. Proses pemipihan jengkol bertujuan agar bumbu lebih meresap sempurna didalam jengkol. Setelah semuanya beres, Anda bebas mengolah jengkol sesuai selera.

•    Menetralisir bau mulut akibat makan jengkol

Setelah mengonsumsi jengkol, nafas Anda pasti tercium bau kurang sedap. Untuk menetralisir bau mulut, Anda bisa minum kopi pahit tanpa gula. Aroma kopi yang wangi bakal membantu menghilangkan bau jengkol yang tajam.
Nah, ternyata untuk mengolah jengkol tidaklah sesulit yang dibayangkan bukan? Dengan tips dan trik diatas, jengkol tidak hanya nikmat tapi juga tidak bau.

Setelah mengetahui tips cara menghilangkan bau menyengat pada jengkol,saya akan memberikan resep memasak semur jengkol

Bahan-bahan

250 gramJengkol

12cabe merah keriting

8 siungbawang merah sedang

4 siungbawang putih ukuran sedang

1lengkuas kira-kira 5cm

2 batangserai

3 lembardaun salam

Garam

Gula merah

8 butirkemiri

1 buahsantan kara

penyedap (bila suka)

2 sdmminyak goreng

4 sdmkopi hitam bubuk

2 buahmentimun


cara memasaknya:

-Tips untuk menghilangkan aroma bau pada kandungan jengkol yang biasa saya lakukan adalah kupas kulit jengkol, cuci bersih dan rendam semalaman dengan air bersih. Setelah perendaman cuci bersih dengan air. Ysng kedua bisa bisa dilakukan dengan merebus jengkol selama kurang lebih 2 jam (bisa dengan kopi hitam bubu, kentang dan rempah-rempah seperti jahe dan lengkuas) namun saya ambil kopi hitam bubuk dan mentimun yangbisa dipotong kecil-kecil. Karena kopi/timun/rempah-rempah dan kentang bisa menetralisir bau. Air yang digunakan untuk perebusan jengkol harus agak Banyak.

-Perebusan jengkol bisa dilakukan di presto atau rice cooker (ini saya pilih untuk hemat gas). Kenapa mesti 2 jam atau lebih karena jengkol ini seperti merebus daging sapi/kambing agak lama dan alot. Alternatif lainnya bisa dilakukan dengan menggeprek jengkol setelah perebusan jengkol jika dirasa jengkol masih kurang empuk.

-Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu halus. Saya pilih blender bumbu yang dipersiapakan, akan tetapi sebelum dihaluskan goreng bumbu terlebih dahulu dengan memanaskan minyak dengan menggoreng cabe merah keriting, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, garam. Goreng sampai wangi, angkat. Sediakan blender, air minum 2 gelas serta bumbu yang digoreng tadi sampai halus.

-Kemudian, siapkan wajan untuk langkah terahir yaitu menumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukan jengkol, 2 lembar daun salam, serta 1 buah santan kara, gula merah, garam/penyedap jika suka secukupnya kurang lebih 15 menit.

-Angkat dan semur jengkol siap dihidangkan. Lebih nikmat disajikan dengan rebusan sayur buncis/wortel/dll dan tambahan goreng ikan asin. Selamat mencoba

Previous
Next Post »